Sabtu, 22 Desember 2012

[Today's to Serve] Elisama: your smile make us smile #TTS

“Kebahagiaan adalah milik mereka yang masih bersemangat walaupun pernah terjatuh, masih tersenyum meski dalam kesedihan. Elisama, Senyum dan Semangat mereka sangat indah.

Sabtu, 22 Desember 2012

Kunjungan IFLBali kali ini adalah di Panti Asuhan Anak Elisama. Menjelang Siang, 12.00 WITA, semua anggota IFLBali dan juga volunteers berkumpul di gedung pasca sarjana Universitas Udayana untuk briefing singkat kegiatan menyenangkan yang akan kami lakukan seharian ini. 

Anak - anak Elisama hari ini telah menunggu kami untuk bermain bersama mereka, kunjungan kali ini adalah yang pertama setelah program #3DaysToServe ditempat yang sama, selesai. Jadi ini seperti reuni kembali, bedanya hari ini IFLBali telah diisi oleh teman - teman (baca: pengurus) baru, dan kami ingin kedekatan diantara mereka juga bisa saling terjalin. Kami mungkin tidak bisa memberikan mereka bantuan materi dalam jumlah banyak, tapi hanya bisa menyediakan waktu dan berbagi pengetahuan yang semoga tidak akan pernah ada habisnya.

Setelah duduk saling melingkar dan memperkenalkan diri, kami bermain games Ular Tangga. Permainan sederhana yang kami kemas menjadi lebih menarik, tujuannya bukan hanya mencari 'siapa di posisi teratas', tetapi agar mereka memahami, ada kalanya kita harus jatuh (ular) atau mendapat kesempatan untuk naik (tangga). Menang atau kalah ditentukan oleh dadu. Jika kita takut melempar dadu, kita takkan pernah beranjak ke mana-mana dan tidak akan pernah menyelesaikan permainannya. Optimislah bahwa di antara sekian lemparan, kita akan menemukan 'tangga'. Perbedaan antara orang yang optimis dan pesimis saat  gagal adalah, Si Pesimis menemukan kekecewaan tetapi Sang Optimis mendapatkan harapan.


Main Games Ular Tangga

Setiap kali menemui 'ular', lemparkan dadu-mu kembali. Kegagalan mungkin adalah sesuatu yang sangat mengecewakan, tapi yakinlah, bahwa kita pasti bisa. Sikap menyerah-lah yang sebenarnya membuat kita gagal. Apabila keberhasilan sudah diraih, janganlah mengangkat kepala terlalu tinggi, karena masih banyak orang-orang di bawah kita yang perlu pertolongan untuk naik.

----



Selanjutnya adalah games sambung kata. Dibentuk 3 kelompok. Permainan ini mengharuskan kita melanjutkan kata dari huruf terakhir suatu kalimat yang sudah dipersiapkan. Temanya adalah benda, buah-buahan/sayuran/tumbuhan, dan binatang. Dari tema ini, setiap kelompok harus mencari kata sebanyak-banyaknya agar bisa menjadi pemenang, dan ternyata pemenang di games ini adalah Kelompok 1, say horeee! :D



Siapakah kelompok dengan temuan kata terbanyak?

Games berikutnya, sekaligus terakhir adalah Scarbble, koor-nya hari ini adalah Rian (wakil ketua IFLBali). Nah, didalam game ini terdapat satu karung kecil berisi bola-bola huruf. Mereka harus mencari huruf-huruf untuk membentuk satu kata yang sudah ditentukan oleh koordinator.

NonBar Serial Doraeman
Pada akhirnya juara umum seluruh games hari ini Kelompok 1 disusul Kelompok 2 dan 3. Itu sesuai dengan nama kelompok ya? Hahaha. Untuk yang masih balita, kami menyiapkan games tebak warna, yang di koordinatori oleh kak Ferina (Sekretaris IFLBali).

Kegiatan ini berlangsung dari jam 13.00-17.00 WITA, sudah saatnya adik-adik tersebut untuk mandi, beribadah dan makan malam. Sebagai bentuk toleransi dan menghargai rutinitas mereka, kami dari IFLBali juga pergi untuk beristirahat sebentar.

Malam harinya, kami tutup dengan Nonton Bareng. Acara ini dimulai pada pukul 19.30. Film kali ini adalah Doraemon yang berjudul “Nobita and the Haunts of Evil”. Didalam film ini terdapat suatu makna yang kami harap bisa mereka ambil, yaitu “jangan pernah menyerah untuk menggapai apa yang kita impikan.”. Setelah semuanya selesai kami pun brgegas pulang, sambil membawa bekal kebahagiaan yang tidak bisa dinilai dengan uang yaitu, senyuman dari mereka. Elisama, your smile make us smile.


'your smile make us smile'

-------------------------
Berdasar Tulisan dari Ida Ayu Puspacindrarini (@cindrarini), PIC & Direktur Divisi KomInfo IFLBali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar